Ciri-ciri Kanker Lambung


Kanker lambung adalah jenis penyakit berbahaya yang disebabkan oleh tergerogotinya jaringan-jaringan dalam lambung oleh sel kanker. Bila tidak segera mendapat penanganan yang serius, sel-sel kanker dalam jaringan lambung akan dengan cepat menyerang organ tubuh lainnya. Kanker lambung umumnya diderita oleh orang dewasa yang telah berusia di atas 50 tahun. Namun penyakit ini dapat menyerang siapa pun tanpa memandang usia dan jenis kelamin.

Kanker lambung juga memiliki stadium atau tingkatan kondisi tergantung kondisi keparahan jaringan lambung yang telah terpapar sel kanker. Gejala yang ditunjukkan juga berbeda-beda pada setiap stadiumnya. Gejala-gejala awal kanker lambung yang timbul memang tampak sepele. Contohnya, seperti rasa mual, sakit perut dan perih di lambung.

 Beberapa ciri-ciri umum kanker lambung adalah sebagai berikut :

>> Perut kembung dan sering bersendawa
Kebanyakan gejala kanker lambung selalu diawali dengan perut kembung dan sendawa yang terus-menerus. Hal ini dikarenakan lambung mengalami banyak penumpukan gas yang coba dikeluarkan tubuh secara alami melalui mekanisme sendawa.

>> Sering mulas
Mulas kerap dianggapkondisi biasa dan orang-orang cenderung mengabaikan rasa nyeri di perut ini dengan asumsi mereka hanya salah makan atau kurang asupan serat.

>> Tulang dada nyeri
Orang yang sudah terdiagnosa kanker lambung akan mengalami rasa sakit yang tidak hanya perut, namun juga menjalar hingga tulang dada. Ini tanda sel kanker mulai menyerang organ dan jaringan yang ada di sekitar lambung.

>> Mudah merasa kenyang
Kanker lambung menyebabkan proses pencernaan terganggu, maka wajar bila penderitanya mudah kenyang saat makan. Lambung sudah sulit menerima asupan makanan yang masuk.

>> Kerap mual disertai muntah
Penderita kanker lambung akan merasakan rasa mual dan muntah yang berkepanjangan dan tidak normal, bahkan dapat disertai dengan muntah darah.

>> Sulit menelan makanan
Selain pencernaan yang terganggu, penderita kanker lambung juga akan bermasalah dalam hal saluran eksofagus atau kerongkongan. Hal ini karena otot-otot dan jaringan yang menyambung antara kerongkongan hingga lambung juga ikut terpapar sel kanker sehingga mengganggu fungsi normalnya.

>> Berat badan menurun drastis
Waspadalah karena ini bisa jadi merupakan salah satu ciri-ciri kanker lambung seperti halnya jenis kanker lain, kanker lambung juga dapat menyebabkan berat badan menurun drastis karena penurunan fungsi kerja lambung dan mencerna makanan sehingga mengakibatkan tidak terserapnya vitamin dari makanan untuk tubuh.

>> Tinja darah kehitaman
Gejala lambung yang paling parah dan sudah terindikasi memasuki stadium gawat adalah bila tubuh sudah mengeluarkan tinja yang berwarna kehitaman. Tinja hitam diakibatkan oleh gangguan proses sekresi tubuh akibat kegagalan lambung mengolah dan meyerap gizi dari makanan. Berobat ke dokter adalah mutlak dilakukan di tahap ini.

>> Muntah darah
Saat lambung sudah tidak bekerja, tubuh kita akan otomatis kekurangan asupan gizi dan vitamin untuk diolah menjadi energi, tubuh kita akan otomatis kekurangan asupan gizi dan vitamin untuk diolah menjadi energi. Tubuh pun akan mudah letih dan iritasi pada lambung akibat sel kanker akan menyebabkan muntah darah bila sudah akut. Istilah hematemesis dipakai dalam dunia medis untuk menyebut muntah darah.

Penyakit kanker lambung memang gawat dan sangat membutuhkan kewaspadaan dan penanganan serius. Namun, jika kita sudah memahami secara dini informasi soal ciri dan gejala kanker lambung, kita akan dapat mendeteksi dengan mudah dan mempermudah proses pengobatan yang berjalan. Selalu perhatikan setiap sinyal sekecil apapun yang diberikan tubuh kita agar kita terhindar dari bahaya kanker lambung.

Artikel Terkait Ciri-ciri Kanker Lambung :

Diberdayakan oleh Blogger.